Posted by : ★ wiranata ★ Jumat, 04 Mei 2012


 

Tugas Bahasa Indonesia 2A

Topik : Teknologi Informasi
Sasaran Pembaca : Ibu Rumah Tangga

Perkembangan teknologi saat ini membuat arus informasi mengalir sedemikian cepat. Arus informasi yang tidak terbendung ini datang menghampiri siapa saja bisa; baik anak-anak maupun remaja. Bagi anak-anak, informasi yang tidak pada tempatnya akan berdampak negatip sehubungan dengan rendahnya kemampuan anak dalam melakukan filterisasi. Tak jarang, informasi-informasi ini malah kemudian membahayakan jiwa si anak. Sebutlah salah satu kasus adik-kakak yang bermain smackdown hingga tewas.

Dalam proses filterisasi informasi dan pemanfaatan teknologi inilah peran ibu rumah tangga sangat dibutuhkan di dalam rumah. Baik itu dalam memilih tontonan, game, pilihan bacaan dan lainnya. Proses filterisasi ini dilakukan dengan cara menginternalisasi nilai-nilai etika/ahlak sehingga si anak memiliki kemampuan menyaring informasi yang ada. Selanjutnya, ibu dapat mengarahkan si anak untuk memanfaatkan teknologi untuk hal-hal yang positip kepada si anak, seperti bagaimana layanan google dapat digunakan untuk mencari informasi terkait dengan tugas-tugas sekolahnya. 

Ketika seorang ibu memilih untuk bekerja di luar rumah, bekerja nine to five selama lima hari dalam seminggu, peran ini tentunya tidak optimal dilakukan. Dalam ketidakoptimalan tersebutlah muncul peluang si anak untuk melakukan hal-hal yang dapat mberdampak negative kepada perkembangan si anak. Dalam jangka panjang, kondisi ini akan berdampak buruk bagi perkembangan anak dan juga proses pertumbuhan jiwanya. Bahkan dalam skala yang lebih luas, berdampak pada rendahnya kualitas generasi muda baik dalam moralitas, psikis dan nalar berpikir.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

- Copyright © BLOG TUGAS -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -